Uncategorized

Ketahui Tata Cara Pendirian Koperasi

Ketahui Tata Cara Pendirian Koperasi

Koperasi adalah lembaga yang mempunyai sejarah cukup panjang di Indonesia. Jika anda ingin mendirikan koperasi, tentunya anda harus tahu terlebih dahulu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan koperasi. Misalnya, tentang syarat pendirian koperasi dan juga tata cara yang harus dilakukan saat ingin mendirikan koperasi.

Sudah banyak yang mendirikan koperasi sendiri di Indonesia bahkan hingga kini tercatat ratusan ribu koperasi yang masih aktif berjalan. Untuk itu, di bawah ini tersedia penjelasan lengkap mengenai bagaimana tata cara pendirian koperasi yang bisa anda terapkan nanti.

 

Tahapan Pendirian Koperasi

Tata cara pendirian koperasi telah diatur dalam Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI Nomor 9 Tahun 2018 Pasal 12 Bab Pembinaan Perkoperasian yaitu dengan isi sebagai berikut:

  1. Perencanaan untuk mendirikan koperasi

Pertama anda harus membuat sebuah perencanaan untuk bisa mendirikan koperasi. Tentunya anda juga sadar bahwa membuat suatu perencanaan adalah hal yang sangat penting dan krusial untuk dipersiapkan.

  1. Penyampaian seluruh rencana dan juga konsultasi ke daerah pusat dan juga dinas

Tata cara kedua adalah anda harus menyampaikan seluruh rencana anda dan juga melakukan konsultasi ke pihak pusat serta dinas mengenai rencana untuk pendirian koperasi.

  1. Mengadakan rapat pendirian koperasi yang dihadiri oleh seluruh calon anggota rapat

Langkah selanjutnya adalah anda harus mengadakan rapat pendirian koperasi yang dihadiri oleh semua calon anggota. Maka dari itu, calon anggota wajib hadir di rapat tersebut. Dalam rapat ini ada agenda untuk membahas dan merancang anggaran dasar atau AD yang wajib mencantumkan jenis koperasi.

Selain itu, anggaran dasar juga mencakup daftar nama pendiri, nama koperasi, maskud dan tujuan, serta beberapa ketentuan lainnya.

  1. Menentukan notaris

Notaris diperlukan untuk membantu proses akta pendirian koperasi. Notaris yang dipilih haruslah notaris yang bersertifikat serta berpengalaman.

  1. Mengajukan pengesahan akta mendirikan koperasi

Langkah berikutnya adalah anda melakukan pengajuan akta untuk mendirikan koperasi anda sendiri. Hal ini dilakukan dalam jangka waktu tiga puluh hari setelah mendapatkan persetujuan mengenai nama koperasi oleh SISMINBHKOP.

  1. Menunggu proses verifikasi

Setelah mengajukan akta pendirian koperasi yang anda miliki, maka SISMINBHKOP akan mengecek dan melakukan verifikasi terhadap dokumen terkait anggaran dasar dan persyaratan lainnya.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI akan menerbitkan surat keputusan jika pengajuan anda diterima. Begitu juga, jika pengajuan anda dalam mendirikan koperasi ditolak menteri akan menerbitkan surat keputusan penolakan.

Bagi kalian yang ingin mendirikan sebuah koperasi tidak perlu khawatir karena Pri Office siap membantu Anda dalam hal pengurusan legalitas. Tak hanya membantu legalitas koperasi saja namun Pri Office juga membantu pendirian PT dan CV.

Yuk, konsultasikan kebutuhan legalitas usaha Anda segera di Pri Office

Back to list