Other Information Logo Header
PANDUAN UMUM PENDIRIAN PERSEROAN TERBATAS (PT) MENGGUNAKAN VIRTUAL OFFICE

PANDUAN UMUM PENDIRIAN PERSEROAN TERBATAS (PT) MENGGUNAKAN VIRTUAL OFFICE

Dalam beberapa tahun ini perkembangan penggunaan virtual office cukup meningkat secara signifikan di Indonesia khususnya di wilayah Jakarta, dimana salah satu pertimbangan adanya peningkatan tersebut karena adanya kebijakan pemerintah pusat maupun daerah dalam usahanya meningkatkan jumlah pengusaha serta diterbitkannya beberapa kebijakan/peraturan yang mempermudah dan memangkas proses perizinan di Indonesia.

Perseroan Terbatas (PT) yang merupakan salah satu badan usaha yang berbadan hukum di Indonesia adalah badan hukum yang paling banyak di gunakan oleh para pengguna virtual office dalam memulai usahanya menggunakan virtual office.

Berdasarkan pengalaman kami dalam praktik di lapangan, berikut adalah beberapa hal-hal umum yang perlu diketahui dalam pendirian Perseroan Terbatas (PT) dengan menggunakan alamat virtual office:


Penyusunan Akta Pendirian Perseroan Terbatas

Perseroan Terbatas (PT) di atur berdasarkan Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UUPT”). Mengacu pada UUPT tersebut, dalam pendirian perseroan terbatas, calon pendiri wajib menyiapkan nama perusahaan sekurang-kurangnya 3 suku kata dalam Bahasa Indonesia (dalam hal seluruh modal perseroan terbatas dalam modal dalam negeri) setelahnya nama tersebut akan di lakukan pengecakan oleh Notaris untuk mengetahui apakah nama tersebut dapat digunakan atau telah digunakan oleh pihak lain di Indonesia. Dalam hal nama tersebut telah digunakan oleh pihak lain, maka perlu di ajukan nama lain untuk dapat kembali di lakukan pengecakan. Adapun, pada praktiknya calon pendiri akan mengajukan 3 opsi / pilihan nama perusahaan terbatas untuk dapat di lakukan pengecekan.

Selanjutnya, secara umum calon pendiri juga perlu mempertimbangkan mengenai besarnya modal dasar maupun modal disetor/ditempatkan pada perseroan terbatas, perlu dipahami bahwa di Indonesia mempunyai beberapa tingkatan kelas perseroan terbatas, yaitu: (i) mikro; (ii) kecil; (iii) menengah; dan (iv) besar. Penentuan tingkatan kelas perseroan terbatas tersebut salah satunya di dasarkan pada penentuan modal dasar/ditempatkan para calon pemegang saham pada saat pertama kali perseroan terbatas akan di dirikan. Selain itu, salah satu yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan susunan permodalan perseroan terbatas yaitu kegiatan usaha yang akan dilakukan, dimana dalam kegiatan usaha tertentu di atur secara khusus mengenai permodalan suatu perseroan terbatas dalam menjalankan kegiatan usaha tersebut. Tidak tepatnya dalam menentukan susunan permodalan salah satunya dapat berdampak pada tidak memperoleh izin kegiatan usaha kedepannya.

Lebih lanjut, calon pendiri juga wajib menentukan kegiatan usaha yang akan dilakukan oleh perseroan terbatas berdasarkan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia yang berlaku di Indonesia. Penentuan kegiatan usaha ini perlu dilakukan secara cermat dan akurat karena hal ini akan terkait dengan proses perizinan yang akan di lakukan setelah akta pendirian memperoleh pengesahan dari Menteri Hukum dan Ham. Perlu di catat bahwa untuk kegiatan usaha tertentu, membatasi perseroan terbatas untuk mencantumkan dan melakukan kegiatan usaha lain selain dari pada suatu kegiatan usaha tersebut. Untuk referensi awal, calon pendiri dapat memahami Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia berdasarkan referensi berikut: https://www.prioffice.com/Blog/KBLI.htm

Hal-hal umum lainnya yang perlu di persiapkan oleh calon pendiri perseroan terbatas adalah penentuan persentase kepemilikan saham, susunan direksi dan komisaris, tugas dan wewenang direksi dan komisaris, persetujuan-persetujuan yang perlu diperoleh oleh pengurus dalam melakukan corporate action, pembagian deviden, peralihan saham, dan lain-lain.

Dalam hal ketentuan di atas telah di sampaikan oleh calon pendiri, tahap selanjutnya adalah penandatanganan minuta akta pendirian oleh para pengurus maupun pemegang saham dan setelahnya akta pendirian tersebut akan diajukan untuk memperoleh pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM.


Nomor Izin Wajib Pajak (NPWP)

Saat ini, Nomor Izin Wajib Pajak (“NPWP”) pada dasarnya sudah dapat diperoleh pada saat pengesahan Menteri Hukum dan HAM di terbitkan dan akan di kirimkan ke alamat yang didaftarkan pada saat penyusunan akta pendirian perseroan terbatas. Namun, saat ini di beberapa daerah tertentu, khususnya di Jakarta, setelah nomor NPWP diperoleh pada saat diterbitkan surat keputusan pengesahan akta pendirian oleh Menteri Hukum dan HAM, perusahaan tetap harus mengajukan secara fisik dengan melampirkan syarat-syarat pengajuan NPWP ke kantor pelayanan pajak (“KPP”) setempat. Setelahnya, KPP setempat akan melakukan pengecekan dan mengirimkan fisik NPWP ke alamat virtual office.

Perlu diperhatikan bahwa pada saat NPWP di ajukan pada KPP setempat, para pengurus wajib untuk memastikan bahwa seluruh pengurus tidak mempunyai catatan pajak, baik tunggakan pajak maupun belum terpenuhinya pelaporan SPT pada tahun-tahun sebelumnya. Dalam hal terdapat catatan pajak, maka para pengurus wajib memperbaiki terlebih dahulu sebelum NPWP fisik dapat diperoleh atau efektif berlaku.


Nomor Izin Berusaha (NIB)

Saat ini prosedur dan syarat pengajuan perizinan usaha akan mengacu pada aturan-aturan terbaru khususnya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (“PP tentang OSS”). Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik adalah Perizinan Berusaha yang diterbitkan oleh OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota kepada Pelaku Usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi. Dalam PP tentang OSS, terdapat 20 sektor usaha yang perizinannya dapat diajukan melalui sistem OSS, diantaranya adalah (i) sektor perdagangan; (ii) pariwisata; (iii) perindustrian; (iv) pertanian; (v) komunikasi; (vi) informatika, perhubungan; dan (vii) sektor pendidikan dan kebudayaan. Adapun, terdapat beberapa sektor usaha yaitu antara lain sektor pertambangan dan keuangan yang tidak dapat di lakukan pengurusan melalui sistem OSS, dimana pengurusan atas kedua sektor tersebut masih mengacu pada ketentuan kementerian terkait.

Nomor Izin Berusaha atau lebih dikenal dengan NIB merupakan identitas badan usaha yang diajukan dan diterbitkan melalui sistem OSS. NIB wajib dimiliki oleh setiap badan usaha dan berlaku selama badan usaha menjalankan kegiatan usahanya. NIB juga merupakan izin pengganti Tanda Daftar Perusahaan dan juga izin impor serta izin kepabeanan. Adapun, sebagaimana di jelaskan di atas, informasi dan/atau data yang di ajukan pada saat penyusunan akta pendirian di awal, nantinya akan tercantum di dalam data dan informasi di NIB. Selain data-data umum perusahaan yaitu nama, alamat, email dan nomor telefon perusahaan, perlu dipastikan bahwa kegiatan usaha perusahaan telah di proses sesuai dengan tujuan dari perusahaan. Kami sarankan dalam hal ini untuk mencantumkan kegiatan usaha yang benar-benar dan nyata atau masih terkait dengan kegiatan usaha yang di jalankan oleh perusahaan di dalam NIB perusahaan. Apabila perusahaan mencantumkan kegiatan usaha yang tidak dijalankan oleh perusahaan tersebut, maka nantinya dalam hal terdapat pengurangan kegiatan usaha dalam NIB, perusahaan perlu melakukan pengurusan di BKPM, sehingga membutuhkan proses kembali untuk proses pengurangan kegiatan usaha tersebut.


Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional

Izin Usaha diterbitkan oleh OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota setelah perusahaan memperoleh NIB. Izin Usaha diperlukan untuk menjalankan suatu kegiatan usaha dan berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia serta memiliki masa berlaku selama perusahaan menjalan kegiatan usahanya.

Pada dasarnya setiap kegiatan usaha mempunyai izin usaha yang berbeda-beda tergantung dari kegiatan usahanya dan tidak semua izin usaha dapat menggunakan virtual office, contohnya kegiatan Usaha Pariwisata dan Transportasi tidak dapat menggunakan virtual office. Lebih lanjut, merujuk pada praktik di lapangan, kegiatan usaha yang paling banyak menggunakan virtual office adalah kegiatan usaha perdagangan dimana izin usaha yang akan di peroleh adalah Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Izin Komersial atau Operasional merupakan izin yang diterbitkan oleh Lembaga OSS setelah perusahaan mendapatkan Izin Usaha dan untuk melakukan kegiatan komersial atau operasional dengan memenuhi persyaratan dan/atau Komitmen. Namun, tidak seperti Izin Usaha, untuk Izin komersial atau operasional berlaku sesuai dengan jangka waktu yang ditetapkan dalam peraturan yang terkait. Izin Usaha dan/atau Izin Komersial atau Operasional akan berlaku efektif setelah perusahaan menyelesaikan komitmen dan melakukan pembayaran biaya perizinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Terkait dengan Izin Usaha Perdagangan atau SIUP dapat berlaku sekaligus sebagai Izin Komersial atau Operasional, sehingga perusahaan yang melakukan kegiatan usaha perdagangan tidak perlu mengurus Izin Komersial atau Operasional.


Domisili Usaha Virtual Office

Sebagaimana di jelaskan pada awal artikel ini, saat ini Pemda Jakarta telah mendukung dan mengizinkan penggunaan alamat virtual office untuk di jadikan alamat domisili usaha. Selain itu, virtual office juga sudah dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan pengajuan surat pengukuhan pengusaha kena pajak (SPPKP), namun perlu di ingat, tidak semua alamat penyedia virtual office dapat digunakan untuk pengajuan PKP, hanya penyedia yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku berdasarkan pada ketentuan peraturan yang berlaku saja yang dapat alamatnya digunakan untuk pengajuan PKP.

Pri Office selaku penyedia virtual office di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat bisa digunakan untuk pengajuan PKP dan telah berpengalaman membantu ribuan pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan usahanya. Apabila Anda masih ragu dalam menyusun skema pendirian PT yang tepat dan akurat maupun menentukan paket virtual office yang benar-benar efektif untuk kegiatan usaha Anda, silahkan hubungi kami pada contact yang tersedia.



Bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam mengurus pendirian PT, segera hubungi https://www.prioffice.com untuk informasi lebih lanjut.
Artikel PANDUAN UMUM PENDIRIAN PERSEROAN TERBATAS (PT) MENGGUNAKAN VIRTUAL OFFICE
More Artikel
Jangan Salah pilih Ketahui Tips Memilih Jasa pembuatan PT
Jangan Salah pilih! Ketahui Tips Memilih Jasa pembuatan PT
Saat membangun bisnis tentunya Anda berharap bahwa bisnis Anda nantinya akan maju bahkan bisa melebarkan sayapnya. Nah, untuk membuat bisnis dapat berkembang terdapat beberapa hal yang harus pertimbangkan termasuk dalam hal legalitas. Salah satunya dengan mendaftarkan bisnis Anda menjadi PT (Perseroan Terbatas).

Akan tetapi yang perlu Anda ketahui ialah membuat PT bukan suatu hal yang mudah karena terdapat banyak hal yang harus diperhatikan. Apabila terdapat kesalahan diawal tentunya hal tersebut akan mempengaruhi proses kedepannya. Namun hal tersebut tidak usah membuat Anda khawatir. Kenapa tidak perlu khawatir lagi? Karena kini terdapat jasa pembuatan PT yang siap membantu Anda.

Tips Memilih Jasa Pembuatan PT
Sekarang ini jasa pembuatan PT terbilang sudah sangat banyak. Namun apakah semua jasa pembuatan PT ini berkualitas? Tentunya tidak. Untuk itu Anda harus lebih selektif dalam memilih jasa pembuatan PT. Yuk ikuti tips dibawah ini agar pembuatan PT Anda dapat berjalan baik dan lancar.

Melihat Status Hukum Perusahaan
Tips pertama yang harus Anda lakukan saat Anda ingin memilih jas pembuatan untuk PT baru adalah melihat status hukum perusahaan. Tidak bisa dipungkiri jika sekarang ini sudah ada banyak sekali jasa yang menawarkan untuk membuat PT dengan iming- iming yang begitu menggiurkan.

Namun apakah penawaran itu benar? Sudah terjamin? Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memilih perusahaan yang sudah memiliki status hukum yang jelas sehingga sudah memiliki surat perizinan yang lengkap. Sehingga dengan begitu anda bisa lebih percaya dan merasa aman.

Cek Dulu Riwayat perusahaan
Tips yang kedua jika anda ingin memilih jasa pembuatan PT adalah dengan mengecek lebih dulu riwayat perusahaan tersebut. Tidak ada salahnya jika anda ingin mengecek bagaimana riwayat dari perusahaan yang ingin anda pilih itu. Dari situ anda bisa mencari tahu seluk beluk pelayanan dari jasa pembuatan PT itu.

Anda juga bisa melihat secara langsung bagaimana testimoni dari orang- orang yang sudah menggunakan jasa perusahaan tersebut sebelumnya. Sehingga Anda bisa semakin percaya karena sudah ada yang membuktikan secara langsung pelayanan dari perusahaan itu. Dengan begitu maka Anda juga bisa lebih mudah menentukan mana jasa perusahaan yang memang bagus dan mana yang tidak.

Hati-Hati dengan Penawaran Harga yang Murah
Mendapatkan jasa pembuatan PT yang menawarkan harga murah tentunya akan sangat menguntungkan bagi Anda. Namun jika suatu jasa menawarkan harga terlalu murah dari harga pasar bukankah itu sangat mencurigakan?. Jadi jangan mudah tergiur dengan iming-iming harga murah karena bisa jadi bukannya untung malah bisa jadi buntung.
Itulah tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih jasa pembuatan PT yang professional dan berkualitas. Namun untuk hasil yang maksimal Anda dapat mempercayakannya pembuatan PT Anda pada Pri Office. Pri Office sudah perpengalaman dalam membantu ratusan perusahaan untuk mengurus legalitasnya. Maka dari itu, Yuk segera konsultasikan urusan legalitas perusahaan Anda hanya di Pri Office.
>
Keuntungan Menarik Sewa Kantor daripada Membeli
Keuntungan Menarik Sewa Kantor daripada Membeli
Saat Anda memutuskan untuk membangun suatu bisnis, maka Anda bukan hanya perlu menyiapkan keperluan yang berkaitan dengan tim yang handal dan keperluan finansial. Namun terdapat banyak hal lain yang harus disiapkan seperti masalah perizinan atau legalitas hingga kantor yang nyaman. Lingkungan kerja yang nyaman secara tidak langsung akan membantu semua proses yang ada di dalam perusahaan Anda menjadi lebih lancar.

Apalagi bagi anda yang merupakan seorang pemula di dunia bisnis, Anda harus memperhatikan dengan baik tempat kerja tersebut. Tempat kerja yang baik tentunya akan berdampak juga pada hasil kerja yang didapatkan. Namun keinginan menghadirkan tempat kerja yang nyaman tentunya juga memerlukan anggaran yang tidak sedikit.

Untuk para pebisnis awal yang masih memiliki modal sedikit tentunya sangat keberatan akan hal itu. Salah satu opsi yang bisa dipilih ialah dengan sewa ruang kantor. Sewa ruang kantor menjadi pilihan yang dapat membantu Anda memiliki tempat kerja tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Keuntungan Sewa Ruang Kantor
Mungkin masih banyak orang yang belum yakin untuk menyewa sebuah ruang kantor karena beberapa alasan. Padahal banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan saat menyewa kantor. Mau tau apa aja?
Berikut ini keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari sewa ruang kantor.

Biaya yang dikeluarkan sesuai pemakaian
Keuntungan pertama yang bisa anda dapatkan yaitu biaya murah karena biaya yang Anda keluarkan sesuai dengan pemakaian Anda. Dimana biaya yang Anda keluarkan sesuai dengan berapa lama pemakaian dari ruang kantor tersebut. Selain itu, biaya yang harus Anda keluarkan juga lebih murah daripada harus membeli kantor.

Lokasi kantor strategis
Penyewaan ruangan kantor biasanya berada di daerah-daerah perkotaan yang strategis seperti Jakarta. Letak ruang kantor uang yang strategis ini akan sangat menguntungkan bagi Anda dalam menjalankan bisnis. Mulai mudahnya akses karyawan untuk ke kantor hingga memungkinkan untuk mendapatkan klien yang potensial.

Keamanan Terjamin
Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan saat menyewa ruangan kantor ialah adanya sistem keamanan yang terjamin. Hal ini dikarenakan dalam gedung-gedung perkantoran biasanya memiliki tim keamanan yang akan memantau 24 jam. Dibandingkan jika harus membuat atau membeli kantor sendiri maka keamanan kantor sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda.

Wah menarik sekali bukan keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat sewa ruang kantor?

Namun yang perlu diingat ialah keuntungan tersebut bisa Anda dapatkan ketika Anda menyewa kantor yang terpercaya dan berkualitas. Agar tidak salah pilih, Anda kini dapat mempercayakannya pada Pri Office. Pri Office menyediakan sewa ruangan kantor yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bagus untuk memberikan kenyamanan bekerja.

Jadi tunggu apalagi ? Konsultasikan sekarang kebutuhan sewa kantor Anda hanya di Pri Office!
>
Tips Memilih Coworking Space yang Nyaman Untuk Bekerja
Tips Memilih Coworking Space yang Nyaman Untuk Bekerja
Perkembangan industri teknologi yang semakin pesat memang memberikan dampak tersendiri bagi kehidupan termasuk dalam hal gaya bekerja. Bahkan kini seorang pegawai tidak perlu harus berangkat ke kantor untuk bekerja namun bisa dilakukan dengan WFA (Work From Anywhere).

Hal ini juga bisa dilihat dari banyaknya perusahaan yang mulai menerapkan bekerja di coworking space. Bekerja di coworking space akhir-akhir ini memang banyak diminati oleh para perusahaan untuk menghadirkan suasana kerja yang baru. Coworking space memiliki konsep yang menarik, fresh, dan dirasa lebih fleksibel sehingga tidak terlalu kaku seperti layaknya perusahaan atau kantor yang konvensional.

Tips Memilih Coworking Space
Suasana nyaman saat bekerja yang dirasakan oleh para pekerja bergantung juga dengan coworking space yang dipilih. Terdapat beberapa tips yang bisa digunakan untuk mendapatkan coworking space yang bagus dan nyaman. Mau tau apa aja? Simak penjelasan berikut ini.

Menyesuaikan dengan Kebutuhan Anda
Tips pertama yang harus Anda lakukan saat Anda ingin memilih coworking space yang nyaman adalah menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda ingin lebih memperhatikan fasilitas yang diberikan, melakukan pertemuan dengan banyak orang, meeting dengan klien yang penting, atau memilih area lebih privasi untuk meeting internal.

Anda harus bisa menyesuaikan antara kebutuhan dengan tempat coworking space tersebut. Sehingga Anda bisa memilih tempat yang tepat tidak terlalu ramai untuk meeting atau area yang lebih privat. Dengan menyesuaikan kebutuhan tersebut, maka Anda bisa lebih efektif dalam menyesuaikan kegiatan Anda.

Memilih Lokasi Coworking Space
Tips yang kedua saat Anda ingin memilih coworking space yang nyaman untuk digunakan bekerja adalah melihat lebih dulu lokasi dari coworking space tersebut. Faktor lokasi yang satu ini tentu juga harus Anda pertimbangkan dengan baik karena dengan adanya lokasi yang strategis maka nanti tempat tersebut akan lebih mudah dijangkau.

Jadi, Anda bukan hanya mempertimbangkan mengenai jarak apakah tempat tersebut dekat atau tidak melainkan lebih memperhatikan apakah tempat tersebut berada di lokasi yang strategis atau tidak. Karena nanti hal ini akan memudahkan Anda dan juga klien Anda yang ingin mengadakan pertemuan.

Harga Sewa
Hal lain yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih coworking space ialah biaya sewa. Jangan sampai Anda mendapatkan harga sewa yang tinggi dengan fasilitas yang tidak lengkap. Lakukan riset untuk melihat dan membandingkan coworking space mana yang berkualitas dan tentunya murah.
Untuk mendapatkan coworking space yang nyaman untuk bekerja hanya bisa Anda dapatkan di Pri Office. Pri office menyediakan serviced office dan ratusan coworking desk di beberapa center yang tersebar di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang lengkap dan pelayanan yang baik. Jadi tunggu apalagi? Segera konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda di Pri Office dan dapatkan penawaran yang menarik.
>
Other Information Logo Footer
Social Media
Facebook
Instagram
Youtube
Linkedin
© Copyright 2020 Private Office. All Rights Reserved
Powered by IKT
Switch to Desktop Version
Contact Information