Tak Sulit! Ini Cara Mudah untuk Mendirikan CV

Memiliki badan usaha sendiri merupakan sebuah impian para pelaku usaha. Salah satu badan usaha yang dianjurkan untuk bisnis adalah CV (Commanditaire Vennootschap). Mendirikan CV sangat penting bagi perkembangan perusahaan ke depannya, karena jika usaha Anda resmi dan sah di mata hukum tentunya usaha akan dapat dijalankan dengan optimal.

Nah bagi anda yang penasaran apa itu CV dan bagaimana cara mendirikan CV, simak baik – baik ulasan di bawah ini.

Apa Itu CV?

Commanditaire Vennootschap (CV) atau secara bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan Persekutuan Komanditer, merupakan salah satu bentuk badan usaha yang didirikan oleh minimal dua orang yang mempercayakan aset atau dana mereka untuk dikelola perusahaan secara bersama dengan tujuan mencapai keuntungan.

Secara umum, terdapat dua jenis bentuk CV, yang pertama sekutu aktif yaitu sekutu yang memiliki tanggung jawab menjalankan bisnis. Sekutu aktif yang disebut juga perusahaan pengelola memiliki hak untuk melakukan segala hal yang memiliki kaitan dengan kebijakan perusahaan, termasuk perjanjian pihak ketiga di dalamnya.

Kedua, sekutu pasif yaitu sekutu yang hanya berperan mengikutsertakan modalnya di suatu perusahaan. Dengan begitu apabila perusahaan mengalami kerugian, sekutu pasif hanya bertanggung jawab terhadap modal yang ditanamkan saja.

Sedangkan bila perusahaan memperoleh laba, maka sekutu pasif hanya akan memperoleh modal yang ditransfer. Sebagai sekutu pasif, mereka juga tidak memiliki hak mengganggu aktivitas bisnis dan manajemen perusahaan.

Syarat Mendirikan CV

Dalam mendirikan CV, terdapat berbagai syarat yang harus dipenuhi. Berikut persyaratan umumnya:

  1. Pendiri CV minimal terdiri dari dua orang, yaitu sekutu pasif dan sekutu pasif.
  2. Akta notaris dalam bentuk bahasa Indonesia.
  3. Pendiri CV berstatus WNI atau warga negara Indonesia.
  4. Kepemilikan CV seratus persen jatuh pada pemilik bisnis lokal dengan kata lain partisipasi asing tidak diperbolehkan ikut serta.

Apabila anda sudah memenuhi syarat umum untuk mendirikan CV, langkah selanjutnya adalah memenuhi berkas dokumen yang diperlukan. Merasa kesulitan dalam prosesnya? Anda bisa memanfaatkan jasa pendirian CV dan PT serta pengurusan legalitas badan usaha melalui Pri Office. Dijamin cepat dan terpercaya.

Tunggu apalagi? Dirikan perusahaan impian mu dengan mudah bersama Pri Office!