Rugi Besar! Ini 3 Akibat Penundaan Pendaftaran Merek

Rugi Besar! Ini 3 Akibat Penundaan Pendaftaran Merek

Pendaftaran merek sangat penting bagi para pelaku bisnis terutama di era ketatnya persaingan seperti sekarang ini. Meski prosesnya terbilang cukup panjang, namun merek yang terdaftar memberikan perlindungan hukum yang kuat dan memberikan keuntungan yang jauh lebih banyak di masa depan.

Suatu brand yang telah diakui oleh hukum tidak dapat ditiru oleh pihak lain. Beda halnya jika belum didaftarkan, maka ada kemungkinan diakui oleh pihak lain bahkan Anda bisa dianggap melanggar hak cipta.

Apalagi sekarang ini banyak pelaku bisnis yang menunda-nunda mendaftarkan mereknya karena berbagai alasan. Padahal, penundaan pendaftaran merek dapat menyebabkan akibat yang merugikan bagi bisnis kamu.

Apa akibatnya? Apakah bisa berakibat fatal? Simak penjelasan berikut.

Ketahui 3 Akibat Menunda Pendaftaran Merek

Seharusnya setiap brand yang ingin dipasarkan secara luas didaftarkan terlebih dahulu ke badan terkait agar tercatat telah memiliki badan hukum yang sah. Namun, apa saja akibat yang akan terjadi jika terlalu lama menunda pendaftaran merek? Berikut penjelasannya.

1. Menurunkan Tingkat Kepercayaan Khalayak

Banyaknya perusahaan yang harus menghentikan kegiatan produksinya karena belum mendapatkan izin operasi membuat khalayak semakin was-was. Alasannya karena curiga jika produk yang diperjualbelikannya berbahaya. Sedangkan untuk bidang jasa ditakutkan tidak bertanggung jawab, misalnya membawa kabur dana peserta atau kurang kompeten.

Poin tersebut penting dipertimbangkan oleh para pemilik bisnis di era modern seperti sekarang.

2. Menunjukkan Identitas

Semakin hari perusahaan pada bidang-bidang tertentu semakin banyak. Jika Anda ingin mendirikan suatu perusahaan, sesegera mungkin proses pendaftaran mereknya supaya barang atau jasa yang ditawarkan memiliki identitas.

Identitas suatu brand memudahkan khalayak untuk menyebut produk yang dikelolanya. Jika tanpa merek, tentunya membuat khalayak kebingungan ketika ingin mencari jasa atau barang tersebut.

3. Meminimalisir Adanya Pelanggaran Hak Cipta

Nama brand yang telah didaftarkan maka telah berbadan hukum. Apabila ada pihak lain yang menggunakannya, biasanya akan dikenakan pasal pelanggaran hak cipta. Sanksi untuk pelanggar hak cipta cukup berat bisa berupa denda atau hukuman kurungan penjara.

Nah jadi seperti itu jika suatu bisnis menunda untuk mendaftarkan merek brandnya. Pastinya akan berpotensi merugikan bisnis tersebut nantinya. Jadi segera daftarkan merek bisnis Anda ke badan terkait agar tercatat memiliki badan hokum yang sah dan terhindar dari berbagai resiko.

Namun, akan lebih mudah lagi jika Anda menggunakan layanan dari Pri Office. Dengan tenaga ahli dan proses yang transparan, Anda dapat mempercayakan pendaftaran merek di Pri Office.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *