Bedanya Virtual Office dengan Kantor Konvensional

Seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi, layanan virtual office semakin banyak yang menggunakan sebagai pengganti dari kantor konvensional. Dengan kantor virtual tersebut, mereka bisa tetap menjalankan aktivitas kantor dengan legalitas yang terjaga.

Hanya saja memang belum banyak orang, khususnya pengusaha yang tahu mengenai layanan kantor virtual ini. Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai kantor virtual. Kami akan memberikan perbedaan antara kantor virtual dengan kantor konvensional.

Perbedaan Layanan Virtual Office dan Kantor Konvensional

Ada beberapa hal mendasar yang membedakan antara virtual office dengan kantor konvensional. Adapun perbedaan tersebut pada bagian ruang kerja, biaya pendirian, fasilitas dan juga biaya operasional.

Ruang Kerja

Ruang kerja menjadi pembeda yang signifikan antara kedua jenis kantor tersebut. Kantor virtual tidak mempunyai ruang kerja fisik yang nyata. Kamu hanya membutuhkan komputer saja. sementara itu, kantor konvensional terpaku pada suatu tempat dengan berbagai fasilitasnya. Dengan kata lain, karyawan harus bekerja di tempat itu selama menyelesaikan tugas-tugasnya.

Biaya Pendirian

Selain ruang kerja, kantor virtual juga membutuhkan biaya yang cukup terjangkau. Ini sangat cocok bagi startup atau usaha yang mulai berkembang. Sementara itu, kantor konvensional membutuhkan biaya pendirian yang besar. Hal tersebut karena kamu harus mendirikan atau sewa gedung, membeli furniture dan yang lainnya. Tentunya itu akan membebani keuangan perusahaan.

Fasilitas

Fasilitas juga membedakan kedua jenis kantor tersebut. Pada kantor virtual, kamu akan mendapatkan fasilitas sesuai dengan layanan yang disediakan oleh provider kantor virtual. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan budget-nya. Sementara itu, kantor konvensional juga mempunyai fasilitas sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang dianggarkan oleh perusahaan.

Biaya Operasional dan Perawatan

Pada layanan virtual office, biaya operasional dan juga perawatan jauh lebih murah dibandingkan dengan kantor konvensional. Kamu tidak perlu hire orang untuk membersihkan kantor, menjaga kantor dan yang lainnya. Sementara itu, kantor konvensional membutuhkan biaya perawatan dan juga operasional yang cukup tinggi.

Itulah 4 hal yang membedakan antara kantor virtual dengan kantor konvensional. Kantor virtual memang menjadi pilihan cocok bagi perusahaan pemula yang ingin mengembangkan bisnisnya dengan biaya yang terjangkau.