Cara Pendirian PT untuk Usaha Mikro dan Kecil Lengkap dengan Syaratnya

Cara Pendirian PT untuk Usaha Mikro dan Kecil Lengkap dengan Syaratnya

Mendirikan PT menjadi langkah nyata dan positif untuk UMK. Bahkan, prosesnya juga bukanlah hal yang sulit. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang pendirian PT untuk Usaha Mikro dan Kecil.

Mulai dari seperti apa keuntungan pendirian PT, seperti apa proses pembuatannya, hingga syarat pembuatan dan legalitas hukum mendirikan PT di Indonesia. Ulasan ini akan membantu Anda.

Apa itu PT Perorangan?

Pendirian PT untuk Usaha Mikro dan Kecil

PT Perorangan adalah salah satu bentuk badan usaha dengan satu orang saja yang bisa memiliki dan menjalankannya. Tentu saja, pemilik PT perseorangan memiliki tanggung jawab penuh dari semua kewajiban perusahaan, termasuk aset pribadi yang bisa menjadi alat pembayaran utang bila perlu.

Di Indonesia, PT perseorangan merupakan jenis atau bentuk badan usaha baru yang populer belakangan ini. Apalagi salah satu kelebihannya adalah legalitas yang terpisah, dengan perusahaan memiliki kewajiban dan hak dalam hukum tersendiri terlepas dari pemiliknya.

Keuntungan Mendirikan PT bagi Usaha Mikro dan Kecil

Pendirian PT untuk Usaha Mikro dan Kecil

Terlepas dari berbagai jenis usaha yang ada, mendirikan PT mikro memiliki beberapa keuntungan dari berbagai sudut pandang, seperti keamanan aset sampai kemudahan proses peralihan kepemilikan aset.

Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan jenis usaha PT untuk perusahaan Anda.

1. Beroperasi dalam Waktu Lama

Apabila mengacu pada peraturan yang ada yaitu undang-undang, tidak terdapat batasan waktu pendirian usaha maupun dalam ranah anggaran dasar. Ini tertuang dalam pasal 6 undang-undang di Indonesia.

Bahkan, fleksibilitas operasional PT tetap bisa beroperasi sesuai dengan tujuan maupun maksud pendiriannya, meskipun, adanya proses pemindahan kepemilikannya. Ini artinya, keberlanjutan jenis usaha PT bisa terus berlanjut dan berkembang meskipun dengan pemegang saham lainnya.

2. Fleksibilitas Pemindahan Kepemilikan Saham 

Ketika perusahaan memiliki investor baru, Anda tidak perlu bingung dengan pembagian jumlah sahamnya, karena terdapat konsep kepemilikan saham sesuai komposisi perhitungannya. 

Artinya, kegiatan operasional perusahaan pun tidak akan terganggu dari proses pemindahan saham. Saham bisa pindah tangan melalui proses transaksi jual beli, tanpa melibatkan operasional usaha.

3. Keamanan Harta Pribadi/Asset

Keunggulan lain dari PT adalah membuat aset dari pemilik saham bisa lebih terlindungi. Dalam artian, aset sang pemilik PT tidak terpengaruh oleh resiko keuangan perusahaan termasuk kerugiannya. 

Dalam konteks yang lebih sederhana, ada kejelasan posisi keuangan pribadi dan perusahaan, dan tidak akan bercampur aduk. Ketika suatu saat perusahaan mengalami kendala keuangan, maka aset pribadi pemilih tidak akan mendapat pengaruh signifikan. 

Ini bahkan tertuang dalam Undang-undang PT yang inti bunyinya menjelaskan bahwa ketika terjadi kerugian di perseroan, pemegang saham tidak turut bertanggung jawab melebihi jumlah saham dalam perseroan tersebut.

4. Tingginya Kredibilitas Perusahaan

Berdasarkan sudut pandang pihak ketiga, pelanggan dan mitra bisnis, perseroan atau PT memiliki kredibilitas yang lebih tinggi. Terlebih lagi karena PT itu sendiri sudah memiliki status badan hukum dan berada dalam naungan undang-undang.

Ini menciptakan Citra perusahaan yang berjalan secara profesional yang turut membantu dalam membangun mitra kerjasama yang kuat dengan mitra bisnis. Termasuk, peluang pengembangan bisnis ke sektor yang lebih luas bisa semakin besar

5. Akses Perolehan Investasi Lebih Mudah

Dengan status yang jelas, perusahaan bisa mendapatkan akses pendanaan yang lebih mudah. Misalnya dari pemerintah atau dari bank, Karena perusahaan dengan bentuk PT lebih terpercaya dan jelas ada dalam naungan  hukum.

Ada beberapa metode perolehan pendanaan untuk PT. Seperti, misalnya PT terbuka dengan penawaran publik atau initial public offering atau IPO. Atau koma perusahaan dapat memperoleh pendanaan dengan menerbitkan saham baru untuk investor yang bergabung dan menjadi pemegang saham.

Kemudahan Pendirian PT untuk Usaha Mikro dan Kecil

 Pendirian PT untuk Usaha Mikro dan Kecil

Untuk mendukung kegiatan perekonomian usaha mikro kecil, pemerintah tentu saja memberikan berbagai kemudahan pendirian PT perorangan seperti:

  • Modal Dasar PT Perorangan Fleksibel

Sebenarnya perseroan terbatas atau PT memang wajib memiliki modal dasar. Ini sesuai dengan ketentuan dalam undang-undang ciptaker pasal 109 angka 3 yang merevisi undang-undang perseroan terbatas pasal 32 ayat 1.

Namun, perlu Anda garis bawahi bahwa besaran modal dasar berdasarkan peraturan tersebut menyesuaikan keputusan para pendiri PT itu sendiri. Hanya saja, penempatannya adalah sekitar 25% dari aset dengan laporan penyetoran yang sah. 

  • Pendaftar Bisa Satu Orang

Selama perusahaan Anda berstatus sebagai perusahaan mikro kecil, PT perseorangan bisa Anda dirikan hanya dengan satu pemilik saja, namun harus Warga Negara Indonesia.

Baru ketika nanti pemegang saham menjadi lebih dari satu orang, maka perlu Anda lakukan perubahan PT. Termasuk ketika kondisi usaha telah berkembang dan tidak lagi termasuk dalam sektor usaha mikro dan kecil, terdapat kewajiban mengubah status PT perseorangan menjadi PT persekutuan modal.

Dasar Hukum Pendirian PT Usaha Mikro dan Kecil

Pendirian PT untuk Usaha Mikro Kecil

Terdapat beberapa dasar hukum pendirian PT yang membuatnya jadi legal dan sah untuk menjalankan usaha.

  1. Peraturan pemerintah RI no 7 tahun 2021 terkait pemberdayaan, perlindungan kemudahan UMKM dan koperasi.
  2. Peraturan 08 2020 peraturan pemerintah RI terkait permodalan dasar dari perseroan serta pendaftaran, pembubuhan dan perubahan perseroan dengan pemenuhan kriteria bagi sektor UMK
  3. Undang-undang RI nomor 31 tahun 2020 terkait ciptaker.

Syarat Pendirian PT bagi UMK

Syarat Pendirian PT bagi UMK

Untuk mendirikan PT bagi usaha kecil dan menengah terdapat beberapa persyaratan yang sebaiknya kita penuhi terlebih dahulu. Adapun persyaratan untuk mendirikan PT untuk usaha kecil dan menengah terdiri dari:

  • Nama perusahaan
  • Domisili tempat menjalankan usaha
  • Jenis bidang berusaha yang menyesuaikan KBLI 2020
  • Laporan aset perusahaan terutama pendanaan awal sebesar 25% dari aset.
  • Identitas pelaku perusahaan berupa e-ktp dan NPWP
  • Pas foto ukuran 4 x 6 dan stempel atau kop surat perusahaan jika sudah ada.

Cara Pendirian PT untuk Usaha Mikro dan Kecil

Pendirian PT untuk Usaha Mikro dan Kecil

Sekarang, Anda dapat melakukan pendaftaran PT Mandiri secara online. Langkah-langkahnya atau cara buat PT Perorangan online untuk UMK meliputi:

  1. Buka  https://ptp.ahu.go.id/ dan klik Daftar.
  2. Dalam formulir, isi dokumen dan data.
  3. Setelah memeriksa kebenaran data, unggah dokumen persyaratan.
  4. Segera lakukan pembayaran biaya proses pendaftaran melalui rekening yang tertera di website.
  5. Mengirimkan dokumen fisik persyaratan pendaftaran PT ke kantor PTSP atau Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu terdekat.
  6. Kantor PTSP akan mengirimkan surat keterangan terdaftar sebagai bukti PT sudah terdaftar.
  7. Pendirian PT bisa anda umumkan ke BNRI atau Berita Negara Republik Indonesia.
  8. Dapatkan izin usaha dan perizinan lainnya sesuai kebutuhan dengan mendaftarkan PT ke Badan Pelayanan Perizinan Terpadu.
  9. Berikutnya, datang ke kantor pendaftaran perusahaan atau KPP setempat untuk pencatatan PT.

Nantinya, Anda akan mendapatkan tanda pendaftaran PT dan tanda bukti pencatatan dari kantor pendaftaran perusahaan yang dapat Anda pakai sebagai bukti resmi pendirian serta terdaftarnya perseroan perseorangan atau PT perorangan.

Penutup

Untuk mendukung kemajuan perekonomian nasional, pembuatan PT bahkan bisa sampai ke sektor perseorangan. Meskipun tentu saja, terdapat berbagai persyaratan dan juga berkas-berkas yang harus Anda persiapkan.

Ingin mendaftarkan PT untuk kemajuan perusahaan, namun tidak memiliki banyak waktu?  Anda tidak perlu mengerjakannya sendiri. Manfaatkan jasa profesional pendirian PT untuk Usaha Mikro dan Kecil dari PriOffice. Mulai dari awal hingga akhir, kami akan menangani proses secara maksimal hubungi kami via WhatsApp di nomor 081298666751  untuk jasa pendaftaran PT dan virtual office eksklusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *